Siapa yg kenal Mujair, seorang nelayan yg mungkin tinggal di Tulungagung. Tapi namanya melegenda gara-gara ikan yg ia temukan dan ia pelihara di kolamnya. Siapa yg kenal Mukibat, seorang petani yg entah tinggal di Jawa Tengah atau Jawa Barat. Tapi namanya lekat lewat nama singkong yg ia budidayakan di kebunnya. Mereka orang sederhana, hidup sederhana, dan menemukan hal sederhana, tapi melegenda.
Siapa yg kenal Musashi, seorang samurai yg entah ada atau tidak di Jepang. Tapi ia melegenda gara-gara kisah hidupnya yg menginspirasi manusia. Siapa yg kenal Collombus, pelaut Italia yg bekerja di kerajaan Spanyol. Tapi ia melegenda gara-gara tidak sengaja menemukan benua Amerika ketika dalam perjalanan menuju Hindia. Siapa yg kenal William Wallace, seorang petani Skotlandia. Tapi ia melegenda karena memberontak terhadap kerajaan Inggris yg menjajah negerinya. Mereka orang biasa, namun hidupnya penuh perjuangan, maka mereka menjadi legenda.
Siapa yg kenal Thariq bin Ziyad, seorang panglima perang keturunan berber. Tapi namanya melegenda karena kisah futuhat dan pidatonya di atas gunung yg kemudian hari menyandang namanya. Siapa yg kenal Muhammad Al Fatih, pemuda berumur 21 tahun. Tapi ia melegenda ketika membuktikan janji Rasulullah tentang pembebasan Konstantinopel puluhan abad sebelumnya. Siapa yg kenal Ibnu Hajar Al Asqolani, seorang pemuda bodoh yg melarikan diri dari sekolah. Tapi ia melegenda ketika dalam pelariannnya ia melihat tetesan air di batu dan akhirnya tersadar hingga menulis kitab Fathul Bariy, salah satu kitab hadits terbaik. Siapa yg kenal Ashabul Kahfi, tujuh orang pemuda yg lari menyelamtkan iman. Tapi mereka melegenda ketika menjadi bukti kebesaran Allah Swt. Siapa yg kenal Ibrahim, pemuda penghancur berhala sesembahan kaumnya. Tapi ia melegenda karena pencarian imannya, kesabaran akan ujian, serta usahanya membangun Baitullah. Siapa yg kenal Musa, pemuda yg ketika kecil dihanyutkan oleh ibunya ke sungai Nil untuk menyelamatkan nyawa. Tapi ia melegenda karena perlawannya terhadap kesewenangan Fir’aun. Siapa yg kenal Muhammad, seorang pemuda yatim piatu dari Arabia. Tapi ia melegenda karena ajaran yg ia bawa, tentang romantika hidupnya yg tidak henti-hentinya diceritakan manusia. Ia melegenda hingga disamakan dg petir yg membakar dari Delhi hingga Granada. Ia melegenda hingga bisa dipastikan tiap detik ada bayi yg lahir langsung menyandang namanya. Mereka manusia seperti kita juga, mereka makan, minum, memiliki perasaan suka dan benci sama seperti kita. Tapi karena kerja besar mereka, nama mereka tercatat dalam sejarah. Maka mereka menjadi legenda.

Kapan kita bisa menjajarkan nama kita seperti mereka? Kapan nama kita tercatat dalam sejarah? Kapan nama kita menjadi legenda? Minimal bagi keluarga kita.